Demi Kesehatan! Intip Isi Toilet Usai Buang Air

Kamis, 21 September 2017 - 07:20 WIB
Demi Kesehatan! Intip Isi Toilet Usai Buang Air
Demi Kesehatan! Intip Isi Toilet Usai Buang Air
A A A
JAKARTA - Setelah buang air, para peneliti menganjurkan untuk mengintip isi toilet sebelum menyiram dan meninggalkannya. Meski terdengar nyeleneh, namun menurut para ahli hal ini baik untuk kesehatan.

"Saran saya, cek dari waktu ke waktu untuk memastikan semuanya normal. Kotoran tubuh, baik itu tinja maupun air seni, bisa menjadi tanda awal masalah kesehatan.Warna air seni juga bisa jadi indikasi mengenai kesehatan," kata Dokter Andrew Rochford seperti dilansir News.com.au.

Cara memeriksanya pun tak perlu mengendus atau menyentuh kotoran. Anda pun cukup memperhatikan, apakah terjadi adanya perubahan warna atau bau dari biasanya. Jika hal tersebut terjadi, Rochford menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Rochord menjelaskan, warna air seni yang sangat gelap atau kemerahan menandakan terjadi sesuatu pada tubuh. Inilah waktunya Anda melamukan pemeriksaan. Sedangkan saat air seni berwarna transparan atau kuning muda, ini menandakan tubuh dalam keadaan sehat dan terhidrasi.

"Air seni warna madu, artinya Anda harus segera minum dan bila sangat gelap atau seperti sirup, Anda kemungkinan dehidrasi berat. Lebih parah lagi, hati Anda mungkin bermasalah," jelasnya.

Sementara untuk tinja, idealnya tinja berwarna cokelat muda dan sedang. "Tinja seharusnya mencemplung secara perlahan sebelum tenggelam di dasar toilet, tidak jatuh seperti bom," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4156 seconds (0.1#10.140)